KONVERGENSI
MEDIA
Konvergensi
Media Konvergensi berasal dari bahasa Inggris yaituconvergence. Kata
konvergensi merujuk pada dua hal/benda atau lebih bertemu dan bersatudalam
suatu titik (Arismunandar, 2006: 1), Konvergensi akan mudah dibayangkan
jikamenggunakannya dalam ilmu fisika khususnya tentang cahaya. Cahaya matahari
datang dari berbagai sudut yang kemudian dikumpulkan atau dibiaskan oleh loop
(kaca pembesar) padasatu titik. Penggabungan berkas-berkas cahaya tersebut
adalah peritiwa konvergensi.Sehingga, konvergensi media berarti penggabungan
atau pengintegrasian media-media yangada untuk digunakan dan diarahkan ke dalam
satu titik tujuan. Istilah konvergensi secaraumum juga merujuk pada kaitannya
dengan perkembangan teknologi komunikasi daninformasi (TIK). Kata konvergensi
ini umum dipakai dalam perkembangan teknologi digital,integrasi teks, angka,
gambar, video, dan suara.
Dampak
Konvergensi Media
Konvergensi
media juga mengubah hubungan antara teknologi, industri, pasar, gayahidup dan
khalayak. Singkatnya, konvergensi mengubah pola-pola hubungan produksi
dankonsumsi, yang penggunaannya berdampak serius pada berbagai bidang seperti
ekonomi, politik, pendidikan, dan kebudayaan. Misalnya saja, bagaimana surat
kabar harian Kompasyang dulunya hanya menyediakan berita di media cetak
kemudian menghadapi perubahanteknologi yang drastis ini. Ternyata Koran kompas
juga mengikuti perkembangan teknologisehingga juga menyediakan berita di
internet seperti kompas.com atau detik.com. Dengantersedianya berita di
internet yang bisa dikonsumsi dengan computer bahkan sekarang bisamengkonsumsi
berita dengan handphone (Hp), sehingga masyarakat bisa dengan mudahmendapatkan
informasi, hiburan, sosial, politik, bahkan bidang ekonomi ( misalnya, saat ini,orang
tidak perlu repot lagi jika ingin berbelaja sesuatu, dari ponsel yang dimiliki
bisamelakukan banyak hal misalnya membaca koran di pagi hari, bertegur sapa
dengan parakolega, mengirim pesan penting dalam bentuk yang singkat (SMS) atau
panjang melaluiemail, melakukan rapat-rapat penting, sampai pada melakukan
transaksi dalam jumlah yang besar. Semua konten tersebut hadir dalam satu
platform media.
Dari
contoh-contoh di atas dapat ditarik sejumlah pengertian tentang
pengertiankomunikasi massa dengan pola tradisional. Perkembangan teknologi
dalam konvergensimedia ini memungkinkan orang untuk terlibat secara pribadi,
antarpribadi, maupun dengankhalayak ramai dalam waktu yang sekaligus. Manfaat
konvergensi media Manfaat konevergensi media tentu saja memudahkankhalayak
dalam mendapatkan informasi, berita, hiburan, membeli barang. Tidak mebutuhkan
biaya yang banyak, lebih hemat waktu, praktis, juga bisa membuat pihak media
sebagaitantangan untuk mengembangkan media yang sudah ada sebelumnya.
Kepemilikan
media
Konvergensi
media juga tidak bisa dilepaskan dari dimensi kepemilikan media itusendiri.
Kepemilikan media saat ini cenderung mengarah kepada cross-ownership di mana. berbagai
media seringkali tergabung dalam satu kepemilikan yang sama. Tren
kepemilikanmedia di Indonesia sekarang pun menunjukkan kecenderungan
konvergensi kepemilikan.Peta media di Indonesia dikuasai oleh beberapa grup
media besar, seperti Grup MNC yangmemiliki RCTI, Global TV, MNC TV (televisi),
koran Sindo (cetak), dan Okezone (online),serta jaringan Trijaya FM (radio).
Ada pula grup Kompas-Gramedia yang dominan di bidangmedia cetak dengan
memproduksi Kompas, Warta Kota, dan Tribun, di bidang onlinemelalui Kompas.com,
radio Sonora FM, dan saat ini berekspansi ke televisi melalui KompasTV.
Kolaborasi
Salah satu dimensi penting dari konvergensi ialah kolaborasi antar media.
Kolaborasiini sifatnya berbeda dengan konvergensi kepemilikan yang biasanya
cenderung tergabungdalam tingkat newsroom. Dalam kolaborasi, konvergensi pun
dapat dilakukan oleh mediayang kepemilikannya berbeda ataupun jenis
medianyayang berbeda. Konvergensi yangdilakukan biasanya berupa sharing content
atau saling berbagai informasi di tingkat penyajian. Contoh kolaborasi ini
misalnya kolaborasi antara headline berbagai koran nasionalyang biasanya turut
disiarkan sebagai salah satu berita di acara Apa Kabar Indonesia di TVOne. Atau
ketika berita ramalan cuaca di televisi turut dimuat di koran esok paginya.
Konvergensi
media CT Corp/Trans Corp
Contoh dari CT Corp
Mungkin terasa asing mendengar kata-kata tersebut. CT Corp dulu disebut Trans Corp. Dapat dikatakan sebagai konvergensi media, dikarenakan CT Corp pada mulanya sebagai stasiun televisi saja yaitu Trans TV dan Trans 7. Televisi tersebut memberikan informasi kepada publik dengan hal-hal yang menarik. Trans TV menyuguhkan program-program televisi seperti talkshow, program kuliner, infotainment, bahkan menyajikan program hiburan seperti film-film yang sedang menjadi trend saat itu.
Seperti
halnya Trans TV, Trans 7 yang awalnya dikenal dengan TV7, juga menampilkan
beragam program televisi menarik seperti, talkshow, program berita, dan program
hiburan yang bertema adventure. Selain itu, banyak program motivasi dan edukasi
yang ditayangkan oleh stasiun televisi swasta nasional ini. Dapat dilihat dari
sini, fungsi televisi selain untuk menghibur, juga bertujuan untuk mendidik
para pemirsa khususnya anak-anak yang masih menempuh pendidikan agar memiliki
wawasan yang luas.
Adanya
perkembangan teknologi menjadikan CT Corp menciptakan media-media rekanan lain
seperti Transvision, CNN, dan detik.com. Transvision merupakan salah satu media
penyiaran televisi di Indonesia yang berbayar, sehingga ketika ingin
mendapatkannya kita harus berlangganan. Namun, kelebihan yang diberikan oleh
Transvision ini tidak tanggung-tanggung. Kelebihan itu adalah kualitas gambar
terbaik dalam artian sudah HD sehingga gambar yang dihasilkan sangat bagus dan
jernih.
Selain
itu, memiliki banyak sekali channel menarik yang di dalamnya berisi program-program
dari dalam negeri maupun luar negeri seperti program berita, film, drama,
olahraga, otomotif, dan lain sebagainya. Transvision menggunakan teknologi
canggih dalam penerapannya. Paket langganan yang ditawarkan Transvision juga
terjangkau. Beberapa kelebihan yang diberikan oleh Transvision menjadikan media
televisi berlangganan ini semakin digemari publik. Tak heran jika Transvision
memiliki jaringan yang besar. Hal itu dapat diketahui karena mengingat jumlah
pelanggan Transvision di Indonesia selalu meningkat.
CT
Corp juga memiliki media lain yaitu CNN dan detik.com. CNN merupakan media
televisi digital yang menyajikan berita atau informasi bersifat informatif
seperti politik, ekonomi, bisnis, gaya hidup, dan lainnya. CNN juga mempunyai
platform website yang digunakan untuk menyampaikan informasi melalui tulisan
artikel di internet. sama seperti website CNN, detik.com pun merupakan sebuah
platform website yang memuat tentang beragam informasi.
Platform
website tersebut bisa diakses oleh semua pengguna akun terkait. Pengguna juga
bisa mempublikasi suatu hal ke dalam website tersebut selama apa yang
disampaikan sesuai dengan ketentuan dari pihak tersebut. Jika artikel tidak
memenuhi ketentuan, secara otomatis artikel akan ditolak. Beberapa media tersebut
berada di bawah naungan dari CT Corp dan menjadikan salah satu media di
Indonesia sebagai sumber informasi terpercaya yang selalu diakses oleh
masyaarakat Indonesia.
Menjadi
perusahaan yang bergerak di pelbagai sektor merupakan pencapaian berekspansi
bisnis, rangka ini selain bertujuan profit juga meningkatkan citra nama suatu
korporasi dalam jajaran perusahaan terbesar. Dengan berdomisi di pusat
perekonomian negara, menambah laju korporasi demi tercapainya strategi untuk
terus berkembang dan maju.
Tingginya
kebutuhan masyarakat Indonesia akan kebutuhan hiburan televisi menjadi akar
berdirinya Trans Tv atau Transformasi Indonesia, sesuai namanya sebagai
transformasi pertelevisian Indonesia. Pada 15 Desember 2005, Presiden RI ke-5,
Megawati Soekarnoputri meresmikan Trans tv dan mendapatkan izin siaran dari
pemerintah pada Agustus 2008.
Baru
menginjak usia muda, Trans 7 telah menjadi pesaing berat di kancah
pertelevisian tanah air. Lahirnya Trans 7 merupakan perpaduan dari Trans Tv di
bawah naungan Trans Corpora milik Chairul Tanjung dan Trans 7 keluarga dari
Kompas Gramedia. Pada 4 Agustus 2006 Trans Tv mengakuisisi Tv 7 dengan besaran
saham 55%.
Sejarah
Detik.com
Detik.com
lahir pada lahirnya era reformasi setelah lengsernya Presiden Soeharto yang
bertetepan dengan krisis moneteter pada saat itu. Detik juga merupakan berita
daring pertama di Indonesia. Kelahirannya mencatatkan sejarah dalam
perkembangna media di Indonesia, keluar dari sangkar media konvensional
menggebrak dengan bergerak dengan media yang berbasis internet yang didirikan
oleh Budi Darsono, Abdurrahman, dan Yaya Nugrahadi.
Pada 3
Agustus 2011, detik.com berakuisisi dengan CT Corp yang tergabung dalam
keluarga besar transmedia. Dengan Kerjasama ini detik.com semakin populer yang
mencatatkan pemberitaan daring terbesar di Indonesia. Meskipun berbasis media
internet, detik.com masih terus menggerakkan pemberitaannya ke media
konvensional seperti koran.
Sebagaimana
banyak disaksikan, dengan adanya detik.com yang merupakan pelopor media online
di Indonesia, bahwasannya dengan bergabung ke CT Corp bisa bangkit dari
kebangkrutan yang akan dialaminya. Bagaimana tidak, pada rentang dari tahun
2000 sampai 2001 detik.com mengalami krisis keungangan. Bahkan petinggi
detik.com tidak mendapatkan pemasukan selama enam bulan dan keterlambatan
pembayaran gaji karyawannya.
Lisensi
CNN Indonesia
Kesepakatan
antara CT Corp dan CNN sudah terlaksana
pada tahun 2009. Namun mengalami kendala siaran, sehingga CNN baru bisa
mengudara pada tahun 2014 sampai 2015 dengan harapan CNN Indonesia akan menjadi
saluran pilihan baru untuk mendapatkan berita yang terpercaya, menarik, dan
berkualitas selama 24 jam, yang disuplai oleh jurnalis profesional maupun CNN
itu sendiri dan mampu menjadi alat bagi Indonesia dan dunia untuk saling
memahami.
CNN
Indonesia secara resmi diluncurkan, awalnya hanya sebagai situs web berita
bernama CNNIndonesia.com pada 20 Oktober 2014, dan digawangi oleh jurnalis
online berpengalaman seperti Budiono Darsono, Yusuf Arifin, dan Nezar Patria.
Lisensi
CNBC Indonesia
Awalnya,
saluran ini hanya bisa dinikmati di televisi berlangganan seperti Transvision
dan IndiHome, namun kemudian juga bersiaran secara terestrial. Di sini, awalnya
CNN Indonesia "berbagi saluran" dengan Trans TV dalam menyiarkan
program pengganti Reportase. Namun sejak akhir Agustus 2015, siarannya dapat dinikmati
secara mandiri di multipleks (mux) televisi digital Trans Media di berbagai
daerah.
Bagi
CNBC Indonesia merupakan lisensi yang di dapatkan oleh CT Corp yang portal
beritanya meluncur pada 8 Februari 2018.
Pada beritanya sendiri, CNBC Indonesia memfokuskan pemberitaannya kepada berita
yang terkait perekonomian baik nasional maupun internasional yang terkonsen
pada bisnis, keungangan, pasar modal, dan ekonomi.
Sisi
Positif dan Negatif Konvergensi Media
Sisi
positifnya yaitu :
onvergensi
media memperkaya informasi secara meluas tentang seluruh duniakarena ada akses
internet
-Memberikan
banyak pilihan kepada masyarakat pengguna untuk dapat memilihinformasi yang
diinginkan sesuai selera, contohnya saja adalah televisi interaktif dantelevisi
multisaluran dimana pengguna memilih sendiri program siaran yang
disukai.Sehingga penggunaan teknologi
Konvergensi
menjadi lebih personal.
-Lebih
mudah, praktis dan efisien. Tidak perlu punya dua media kalau ternyata bisa
punya satu media dua fungsi.
-Timbulnya
demokratisasi informasi dimana semua orang bisa mengakses informasisecara bebas
dan luas dengan berbagai cara dan bentuk
-Dalam
implikasi ekonomi, konvergensi berpengaruh terhadap perusahaan dan
industriteknologi komunikasi karena mengubah perilaku bisins. Keuntungan yang
didapatdari hasil konvergensi media sangat menguntungkan dan memajukan
perusahaan.Selain itu, mudahnya akses informasi membuat industri dan perusahaan
semakinmudah dan cepat mengantisipasi Tantangan kebutuhan baru konsumen serta persaingan
yang ketat.
-Interaktif.
Masyarakat bisa langsung memberikan umpan balik terhadap informasi-informasi
yang disampaikan. Media konvergen memunculkan karakter baru yangmakin
interaktif, dimana penggunanya mampu berkomunikasi secara langsung danmemperoleh
teknologi manusia.
-Masyarakat mendapatkan informasi lebih cepat.
Contohnya, para pembaca beritaonline hanya dengan mengklik informasi yang
diinginkan di komputer konsekuensilangsung atas pesan.
Sisi
negatifnya yaitu :
-Perubahan
gaya hidup masyarakat yang menjadi kecanduan teknologi (cybermediadan
cybersociety). Adanya ketergantungan dimana segala sesuatu menjadi serba
praktis dan otomatis. Menurut saya teknologi yang praktis memang bagus
karenamempercepat dan memudahkan, namun hal ini juga bisa menjadi buruk jika
kita tidak bijak Karena dengan adanya praktis kita cenderung menjadi orang yang
“malas”
dimana
segala yang otomatis akan mempercepat hilangnya pekerjaan karena pekerjaan
manusia sudah bisa digantikan dengan teknologi yang canggih
-Munculnya
masyarakat digital/ masyarakat maya. Kemajuan teknologi konvergensiyang maju
telah mempersempit jarak dan mempersingkat waktu. Jarak dan waktusudah bukan
masalah lagi, misalnya media lainnya tanpa perlu bertemu langsung. Hal ini
menimbulkan masyarakat maya dimana komunikasi langsung secara face to facesudah
tidak diminati lagi.
Created
By :
Faizal
Baihaqi
Liberty
Thomahatan Pratama
Rudi
Hermanto
Muhammad
Radja
DAFTAR
PUSTAKA
Hakam,
Ulil ( Dosen Sekolah Tinggi Multi Media MMTC Yogyakarta) Konvergensi Media
dalam Radio Komunitas.Yogyakarta: uulwach74@yahoo.co.id ,2011 disetujui 14 Juni
2011
Mulyana,
Asep, S.IP.,M.A..Konglomerasi Media di Era Digital dan Kebebasan
Informasi.Jakarta: Bagian Pengkajian dan Penelitian Biro Pemajuan Hak Asasi
Manusia Komisi Nasional Hal Asasi Manusia,2012
http://id.wikipedia.org/wiki/Konvergensi_media
http://ctcorpora.com/who.html#media
Komentar
Posting Komentar