Langsung ke konten utama

KONVERGENSI CT CORPORATION

KONVERGENSI MEDIA

Konvergensi Media Konvergensi berasal dari bahasa Inggris yaituconvergence. Kata konvergensi merujuk pada dua hal/benda atau lebih bertemu dan bersatudalam suatu titik (Arismunandar, 2006: 1), Konvergensi akan mudah dibayangkan jikamenggunakannya dalam ilmu fisika khususnya tentang cahaya. Cahaya matahari datang dari berbagai sudut yang kemudian dikumpulkan atau dibiaskan oleh loop (kaca pembesar) padasatu titik. Penggabungan berkas-berkas cahaya tersebut adalah peritiwa konvergensi.Sehingga, konvergensi media berarti penggabungan atau pengintegrasian media-media yangada untuk digunakan dan diarahkan ke dalam satu titik tujuan. Istilah konvergensi secaraumum juga merujuk pada kaitannya dengan perkembangan teknologi komunikasi daninformasi (TIK). Kata konvergensi ini umum dipakai dalam perkembangan teknologi digital,integrasi teks, angka, gambar, video, dan suara.

 

Dampak Konvergensi Media

Konvergensi media juga mengubah hubungan antara teknologi, industri, pasar, gayahidup dan khalayak. Singkatnya, konvergensi mengubah pola-pola hubungan produksi dankonsumsi, yang penggunaannya berdampak serius pada berbagai bidang seperti ekonomi, politik, pendidikan, dan kebudayaan. Misalnya saja, bagaimana surat kabar harian Kompasyang dulunya hanya menyediakan berita di media cetak kemudian menghadapi perubahanteknologi yang drastis ini. Ternyata Koran kompas juga mengikuti perkembangan teknologisehingga juga menyediakan berita di internet seperti kompas.com atau detik.com. Dengantersedianya berita di internet yang bisa dikonsumsi dengan computer bahkan sekarang bisamengkonsumsi berita dengan handphone (Hp), sehingga masyarakat bisa dengan mudahmendapatkan informasi, hiburan, sosial, politik, bahkan bidang ekonomi ( misalnya, saat ini,orang tidak perlu repot lagi jika ingin berbelaja sesuatu, dari ponsel yang dimiliki bisamelakukan banyak hal misalnya membaca koran di pagi hari, bertegur sapa dengan parakolega, mengirim pesan penting dalam bentuk yang singkat (SMS) atau panjang melaluiemail, melakukan rapat-rapat penting, sampai pada melakukan transaksi dalam jumlah yang besar. Semua konten tersebut hadir dalam satu platform media.

Dari contoh-contoh di atas dapat ditarik sejumlah pengertian tentang pengertiankomunikasi massa dengan pola tradisional. Perkembangan teknologi dalam konvergensimedia ini memungkinkan orang untuk terlibat secara pribadi, antarpribadi, maupun dengankhalayak ramai dalam waktu yang sekaligus. Manfaat konvergensi media Manfaat konevergensi media tentu saja memudahkankhalayak dalam mendapatkan informasi, berita, hiburan, membeli barang. Tidak mebutuhkan biaya yang banyak, lebih hemat waktu, praktis, juga bisa membuat pihak media sebagaitantangan untuk mengembangkan media yang sudah ada sebelumnya.

 

Kepemilikan media

Konvergensi media juga tidak bisa dilepaskan dari dimensi kepemilikan media itusendiri. Kepemilikan media saat ini cenderung mengarah kepada cross-ownership di mana. berbagai media seringkali tergabung dalam satu kepemilikan yang sama. Tren kepemilikanmedia di Indonesia sekarang pun menunjukkan kecenderungan konvergensi kepemilikan.Peta media di Indonesia dikuasai oleh beberapa grup media besar, seperti Grup MNC yangmemiliki RCTI, Global TV, MNC TV (televisi), koran Sindo (cetak), dan Okezone (online),serta jaringan Trijaya FM (radio). Ada pula grup Kompas-Gramedia yang dominan di bidangmedia cetak dengan memproduksi Kompas, Warta Kota, dan Tribun, di bidang onlinemelalui Kompas.com, radio Sonora FM, dan saat ini berekspansi ke televisi melalui KompasTV.

Kolaborasi Salah satu dimensi penting dari konvergensi ialah kolaborasi antar media. Kolaborasiini sifatnya berbeda dengan konvergensi kepemilikan yang biasanya cenderung tergabungdalam tingkat newsroom. Dalam kolaborasi, konvergensi pun dapat dilakukan oleh mediayang kepemilikannya berbeda ataupun jenis medianyayang berbeda. Konvergensi yangdilakukan biasanya berupa sharing content atau saling berbagai informasi di tingkat penyajian. Contoh kolaborasi ini misalnya kolaborasi antara headline berbagai koran nasionalyang biasanya turut disiarkan sebagai salah satu berita di acara Apa Kabar Indonesia di TVOne. Atau ketika berita ramalan cuaca di televisi turut dimuat di koran esok paginya.

 

 

Konvergensi media CT Corp/Trans Corp

Contoh dari CT Corp

Mungkin terasa asing mendengar kata-kata tersebut. CT Corp dulu disebut Trans Corp. Dapat dikatakan sebagai konvergensi media, dikarenakan CT Corp pada mulanya sebagai stasiun televisi saja yaitu Trans TV dan Trans 7. Televisi tersebut memberikan informasi kepada publik dengan hal-hal yang menarik. Trans TV menyuguhkan program-program televisi seperti talkshow, program kuliner, infotainment, bahkan menyajikan program hiburan seperti film-film yang sedang menjadi trend saat itu.

Seperti halnya Trans TV, Trans 7 yang awalnya dikenal dengan TV7, juga menampilkan beragam program televisi menarik seperti, talkshow, program berita, dan program hiburan yang bertema adventure. Selain itu, banyak program motivasi dan edukasi yang ditayangkan oleh stasiun televisi swasta nasional ini. Dapat dilihat dari sini, fungsi televisi selain untuk menghibur, juga bertujuan untuk mendidik para pemirsa khususnya anak-anak yang masih menempuh pendidikan agar memiliki wawasan yang luas.

Adanya perkembangan teknologi menjadikan CT Corp menciptakan media-media rekanan lain seperti Transvision, CNN, dan detik.com. Transvision merupakan salah satu media penyiaran televisi di Indonesia yang berbayar, sehingga ketika ingin mendapatkannya kita harus berlangganan. Namun, kelebihan yang diberikan oleh Transvision ini tidak tanggung-tanggung. Kelebihan itu adalah kualitas gambar terbaik dalam artian sudah HD sehingga gambar yang dihasilkan sangat bagus dan jernih.

Selain itu, memiliki banyak sekali channel menarik yang di dalamnya berisi program-program dari dalam negeri maupun luar negeri seperti program berita, film, drama, olahraga, otomotif, dan lain sebagainya. Transvision menggunakan teknologi canggih dalam penerapannya. Paket langganan yang ditawarkan Transvision juga terjangkau. Beberapa kelebihan yang diberikan oleh Transvision menjadikan media televisi berlangganan ini semakin digemari publik. Tak heran jika Transvision memiliki jaringan yang besar. Hal itu dapat diketahui karena mengingat jumlah pelanggan Transvision di Indonesia selalu meningkat.

CT Corp juga memiliki media lain yaitu CNN dan detik.com. CNN merupakan media televisi digital yang menyajikan berita atau informasi bersifat informatif seperti politik, ekonomi, bisnis, gaya hidup, dan lainnya. CNN juga mempunyai platform website yang digunakan untuk menyampaikan informasi melalui tulisan artikel di internet. sama seperti website CNN, detik.com pun merupakan sebuah platform website yang memuat tentang beragam informasi.

Platform website tersebut bisa diakses oleh semua pengguna akun terkait. Pengguna juga bisa mempublikasi suatu hal ke dalam website tersebut selama apa yang disampaikan sesuai dengan ketentuan dari pihak tersebut. Jika artikel tidak memenuhi ketentuan, secara otomatis artikel akan ditolak. Beberapa media tersebut berada di bawah naungan dari CT Corp dan menjadikan salah satu media di Indonesia sebagai sumber informasi terpercaya yang selalu diakses oleh masyaarakat Indonesia.

Menjadi perusahaan yang bergerak di pelbagai sektor merupakan pencapaian berekspansi bisnis, rangka ini selain bertujuan profit juga meningkatkan citra nama suatu korporasi dalam jajaran perusahaan terbesar. Dengan berdomisi di pusat perekonomian negara, menambah laju korporasi demi tercapainya strategi untuk terus berkembang dan maju.

Tingginya kebutuhan masyarakat Indonesia akan kebutuhan hiburan televisi menjadi akar berdirinya Trans Tv atau Transformasi Indonesia, sesuai namanya sebagai transformasi pertelevisian Indonesia. Pada 15 Desember 2005, Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri meresmikan Trans tv dan mendapatkan izin siaran dari pemerintah pada Agustus 2008.

Baru menginjak usia muda, Trans 7 telah menjadi pesaing berat di kancah pertelevisian tanah air. Lahirnya Trans 7 merupakan perpaduan dari Trans Tv di bawah naungan Trans Corpora milik Chairul Tanjung dan Trans 7 keluarga dari Kompas Gramedia. Pada 4 Agustus 2006 Trans Tv mengakuisisi Tv 7 dengan besaran saham 55%.

 

 

Sejarah Detik.com

Detik.com lahir pada lahirnya era reformasi setelah lengsernya Presiden Soeharto yang bertetepan dengan krisis moneteter pada saat itu. Detik juga merupakan berita daring pertama di Indonesia. Kelahirannya mencatatkan sejarah dalam perkembangna media di Indonesia, keluar dari sangkar media konvensional menggebrak dengan bergerak dengan media yang berbasis internet yang didirikan oleh Budi Darsono, Abdurrahman, dan Yaya Nugrahadi.

Pada 3 Agustus 2011, detik.com berakuisisi dengan CT Corp yang tergabung dalam keluarga besar transmedia. Dengan Kerjasama ini detik.com semakin populer yang mencatatkan pemberitaan daring terbesar di Indonesia. Meskipun berbasis media internet, detik.com masih terus menggerakkan pemberitaannya ke media konvensional seperti koran.

Sebagaimana banyak disaksikan, dengan adanya detik.com yang merupakan pelopor media online di Indonesia, bahwasannya dengan bergabung ke CT Corp bisa bangkit dari kebangkrutan yang akan dialaminya. Bagaimana tidak, pada rentang dari tahun 2000 sampai 2001 detik.com mengalami krisis keungangan. Bahkan petinggi detik.com tidak mendapatkan pemasukan selama enam bulan dan keterlambatan pembayaran gaji karyawannya.

 

Lisensi CNN Indonesia

Kesepakatan antara CT Corp dan  CNN sudah terlaksana pada tahun 2009. Namun mengalami kendala siaran, sehingga CNN baru bisa mengudara pada tahun 2014 sampai 2015 dengan harapan CNN Indonesia akan menjadi saluran pilihan baru untuk mendapatkan berita yang terpercaya, menarik, dan berkualitas selama 24 jam, yang disuplai oleh jurnalis profesional maupun CNN itu sendiri dan mampu menjadi alat bagi Indonesia dan dunia untuk saling memahami.

CNN Indonesia secara resmi diluncurkan, awalnya hanya sebagai situs web berita bernama CNNIndonesia.com pada 20 Oktober 2014, dan digawangi oleh jurnalis online berpengalaman seperti Budiono Darsono, Yusuf Arifin, dan Nezar Patria.

 

Lisensi CNBC Indonesia

Awalnya, saluran ini hanya bisa dinikmati di televisi berlangganan seperti Transvision dan IndiHome, namun kemudian juga bersiaran secara terestrial. Di sini, awalnya CNN Indonesia "berbagi saluran" dengan Trans TV dalam menyiarkan program pengganti Reportase. Namun sejak akhir Agustus 2015, siarannya dapat dinikmati secara mandiri di multipleks (mux) televisi digital Trans Media di berbagai daerah.

Bagi CNBC Indonesia merupakan lisensi yang di dapatkan oleh CT Corp yang portal beritanya meluncur pada  8 Februari 2018. Pada beritanya sendiri, CNBC Indonesia memfokuskan pemberitaannya kepada berita yang terkait perekonomian baik nasional maupun internasional yang terkonsen pada bisnis, keungangan, pasar modal, dan ekonomi.

 

Sisi Positif dan Negatif Konvergensi Media

Sisi positifnya yaitu :

onvergensi media memperkaya informasi secara meluas tentang seluruh duniakarena ada akses internet

-Memberikan banyak pilihan kepada masyarakat pengguna untuk dapat memilihinformasi yang diinginkan sesuai selera, contohnya saja adalah televisi interaktif dantelevisi multisaluran dimana pengguna memilih sendiri program siaran yang disukai.Sehingga penggunaan teknologi

Konvergensi menjadi lebih personal.

-Lebih mudah, praktis dan efisien. Tidak perlu punya dua media kalau ternyata bisa punya satu media dua fungsi.

-Timbulnya demokratisasi informasi dimana semua orang bisa mengakses informasisecara bebas dan luas dengan berbagai cara dan bentuk

-Dalam implikasi ekonomi, konvergensi berpengaruh terhadap perusahaan dan industriteknologi komunikasi karena mengubah perilaku bisins. Keuntungan yang didapatdari hasil konvergensi media sangat menguntungkan dan memajukan perusahaan.Selain itu, mudahnya akses informasi membuat industri dan perusahaan semakinmudah dan cepat mengantisipasi Tantangan kebutuhan baru konsumen serta persaingan yang ketat.

-Interaktif. Masyarakat bisa langsung memberikan umpan balik terhadap informasi-informasi yang disampaikan. Media konvergen memunculkan karakter baru yangmakin interaktif, dimana penggunanya mampu berkomunikasi secara langsung danmemperoleh teknologi manusia.

 -Masyarakat mendapatkan informasi lebih cepat. Contohnya, para pembaca beritaonline hanya dengan mengklik informasi yang diinginkan di komputer konsekuensilangsung atas pesan.

Sisi negatifnya yaitu :

-Perubahan gaya hidup masyarakat yang menjadi kecanduan teknologi (cybermediadan cybersociety). Adanya ketergantungan dimana segala sesuatu menjadi serba praktis dan otomatis. Menurut saya teknologi yang praktis memang bagus karenamempercepat dan memudahkan, namun hal ini juga bisa menjadi buruk jika kita tidak bijak Karena dengan adanya praktis kita cenderung menjadi orang yang “malas”

dimana segala yang otomatis akan mempercepat hilangnya pekerjaan karena pekerjaan manusia sudah bisa digantikan dengan teknologi yang canggih

-Munculnya masyarakat digital/ masyarakat maya. Kemajuan teknologi konvergensiyang maju telah mempersempit jarak dan mempersingkat waktu. Jarak dan waktusudah bukan masalah lagi, misalnya media lainnya tanpa perlu bertemu langsung. Hal ini menimbulkan masyarakat maya dimana komunikasi langsung secara face to facesudah tidak diminati lagi.

 

Created By :

Faizal Baihaqi

Liberty Thomahatan Pratama

Rudi Hermanto

Muhammad Radja

 

DAFTAR PUSTAKA

Hakam, Ulil ( Dosen Sekolah Tinggi Multi Media MMTC Yogyakarta) Konvergensi Media dalam Radio Komunitas.Yogyakarta: uulwach74@yahoo.co.id ,2011 disetujui 14 Juni 2011

Mulyana, Asep, S.IP.,M.A..Konglomerasi Media di Era Digital dan Kebebasan Informasi.Jakarta: Bagian Pengkajian dan Penelitian Biro Pemajuan Hak Asasi Manusia Komisi Nasional Hal Asasi Manusia,2012

http://id.wikipedia.org/wiki/Konvergensi_media

http://ctcorpora.com/who.html#media

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelang Tahun Baru Harga Cabai di Pasar Minggu Melonjak

  (28/12/2023) Menjelang akhir tahun 2022 sejumlah harga pokok di Pasar Minggu Jakarta selatan melambung naik, kenaikan harga pokok kemungkinan akan terjadi setiap hari dan cukup berpengaruh terhadap jumlah transaksi pembeli. Terdapat   kurang lebih 50 persen penurunan daya beli masyarakat akibat harga pokok yang melonjak. Berdasarkan informasi dari pedagang sembako Sri(35) , ada banyak bahan pokok yang mengalami kenaikan di antaranya cabe,bawang, kentang dan minyak curah . Harga cabe rawit sendiri mengalami kenaikan yang signifikan, sekitar 40 persen dalam pekan ini. Harga cabe rawit merah yang sebelumnya dijual seharga   Rp35.000/kg namun sekarang sudah naik menjadi Rp50.000/kg.   Di perkirakan kenaikan harga sudah terjadi sejak memasuki bulan Desember 2022.  Kemudian, untuk beras dari harga sebelumnya pada angka Rp9.600/kg sekarang naik menjadi Rp12.000/kg.  “Kalau bawang merah biasanya saya jual Rp28.000/kg sekarang saya jual Rp33.000/kg” ujar...

Masyarakat Pondok Bambu Bisa Hasilkan Uang Dari Sampah

  Jakarta - Pengelolaan sampah saat ini menjadi tren bagi masyarakat. Khususnya bagi warga Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Hal ini dilakukan warga Pondok Bambu agar dampaknya memberikan kenyamanan dan kebersihan lingkungan. Warga Pondok Bambu membuat “Bank Sampah” agar membuat lingkungan nya tidak tercemar. Bank sampah bertujuan untuk mengembangkan masyarakat dalam pengelolaan sampah yang ramah lingkungan. Kemudian membantu untuk pemilihan sampah sesuai kategorinya dan masyarakat dapat memanfaatkan sampah-sampah yang masih layak pakai untuk di daur ulang, memberikan nilai ekonomis jika dikelola dengan baik melalui bank sampah tersebut. Pengelolaan bank sampah ini sistemnya sama dengan bank penyimpanan uang pada umumnya, masyarakat atau nasabah yang ingin menukarkan sampahnya dapat langsung menyetorkan ke tempat bank sampah yang terletak di Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, setelah menyetorkan sampah maka petugas bank sam...

Menjelang Natal dan Tahun Baru Kebutuhan Pokok Melonjak Drastis, Pedagang Meringis

  Menjelang Natal dan Tahun Baru Kebutuhan Pokok Melonjak Drastis, Pedagang Meringis Jakarta – Harga kebutuhan pokok semakin meningkat, khususnya kebutuhan bumbu dapur, hingga harga cabai. Cabai merupakan bumbu dapur yang sering digunakan untuk semua jenis makanan. Kondisi ini terpantau di Pasar Minggu Jakarta Selatan. Kenaikan sembako ini selalu dirasakan setiap tahun. Namun, karena cabai sering digunakan untuk semua jenis makanan, pembeli dipasar masih cukup stabil, tidak naik dan tidak turun juga. Pembeli masih cukup bervariasi, ada yang beli kiloan ada juga pembeli ketengan. Biasanya setiap tanggal 20 Desember pembeli akan melonjak, karena tanggal tersebut sudah mendekati untuk persiapan natal dan akhir tahun. Kenaikan harga tersebut membuat pedagang tercekik, mereka tidak bisa mengambil untung yang lebih banyak atau untung yang seperti biasanya sebelum adanya kenaikan harga, karena jika mereka mengamb...