Langsung ke konten utama

KONVERGENSI MEDIA - PT VIVA TBK

 

Konvergensi Media


Konvergensi media adalah fenomena bergabungnya berbagai media yang sebelumnya dianggap berbeda dan terpisah yang meliputi media cetak maupun media elektronik (misalnya televisi, radio, surat kabar, dan komputer) menjadi satu ke dalam sebuah media tunggal, Dalam konteks yang lebih luas konvergensi media juga sesungguhnya bukan saja memperlihatkan kian cepatnya perkembangan teknologi. Konvergensi mengubah hubungan antara teknologi, industri, pasar, gaya hidup dan khalayak. Singkatnya, konvergensi merubah pola-pola hubungan produksi dan konsumsi, yang penggunaannya berdampak serius pada berbagai bidang seperti ekonomi, politik, pendidikan dan kebudayaan, perubahan ini ditandai dengan meningkatnya penggunaan konvergen media secara luas. Sehingga Menurut Mc.Millan dalam jurnal (Sukartono:2010) bahwa Kemajuan yang dihasilkan oleh teknologi informasi memungkinkan sebuah media memfasilitasi aktivitas komunikasi interpersonal yang termediasi.

konvergensi media merupakan bentukn nyata dari digitalisasi informasi yang dapat di akses dimana saja dan kapan saja. Selain itu di berita  atau informasi yang di sajikan jauh lebih beragam dan segmented, sehingga hal  ini memungkinkan memudahkan para profesional dalam media massa untuk menyampaikan berita, informasi, serta hiburan yang di kemas dalam sebuah  konten dengan menggunakan berbagai macam bentuk  media, dengan begitu khalayak menjadi tertarik dan dapat menikmati konten yang telah disediakan

Melansir dari buku Pengantar Jurnalisme Multiplatform (2017) karya Masriadi Sambo dan Jafaruddin Yusuf, dalam konteks media di Indonesia, munculnya konvergensi menyebabkan berbagai pengusaha media di Indonesia menggabungkan seluruh anak perusahaan yang sebelumnya terpisah menjadi satu media. Dalam The Canadian Encyclopedia, istilah konvergensi media merujuk pada dua hal, yakni

Penggabungan teknologi serta platform media yang sebelumnya berbeda menjadi satu, lewat digitalisasi serta jaringan komputer. Penggabungan ini dikenal juga dengan istilah konvergensi teknologi.

Strategi bisnis di mana perusahaan komunikasi menggabungkan atau mengintegrasikan kepemilikannya atas properti media yang berbeda. Dikenal juga dengan istilah konsolidasi media, konsentrasi media, atau konvergensi ekonomi.

Contoh nyata konvergensi media di Indonesia adalah PT Visi Media Asia Tbk

 








Didirikan pada tahun 2004, PT Visi Media Asia Tbk. (“VIVA“ atau “Perseroan“) adalah perusahaan media konvergensi yang terintegrasi terdepan di indonesia, yang sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak November 2011 (IDX:VIVA). Sejak itu, VIVA telah menempatkan dirinya sebagai inovator di sektor ini melalui strategi yang berfokus kepada micro-targeting, sinergi, serta konvergensi 360°.

Kegiatan usaha Perseroan meliputi stasiun televisi Free- to-Air (FTA) dan portal digital yang berkembang pesat yang seluruhnya didukung oleh media sosial dan kegiatan off-air sehingga mencakup semua platform media. Didorong oleh inovasi konten yang berkelanjutan untuk meningkatkan engagement, dimana pemirsa dapat mengakses konten yang inovatif dan menarik melalui televisi FTA, aplikasi mobile serta online streaming. Terlebih lagi, VIVA juga memanfaatkan platform media sosial termasuk Twitter, Facebook, Instagram, dan Youtube untuk mendapatkan interaksi dari pemirsa setianya.

VIVA telah berhasil mempertahankan status ANTV sebagai stasiun televisi hiburan Tier-1 dan tvOne sebagai stasiun televisi berita dan olahraga #1 seraya mengembangkan sejumlah aset digital antara lain melalui VDVC sejalan dengan strategi VIVA untuk senantiasa meningkatkan engagement dengan pemirsa.

ANTV menghadirkan beragam konten yang mencakupi drama, komedi, animasi, dan program hiburan umum lainnya. Konten ANTV di desain untuk menarik bagi pemirsa perempuan dari berbagai spektrum kategori sosial ekonomi dan demografi usia, serta bagi anak-anak. ANTV berupaya menghadirkan program yang tepat bagi segmen pemirsanya pada jam tayang tertentu, serta berupaya memberikan beragam pilihan konten yang selaras dengan perkembangan tren terkini. Melalui strategi micro-targeting, ANTV berhasi menjaga peringkatnya sebagai stasiun televisi hiburan Tier-1 selama enam tahun berturut-turut. Selain menikmati konten ANTV melalui siaran televisi, pemirsa kini dapat mengakses konten ANTV melalui portal digital ANTV maupun 9 channel di Youtube milik ANTV sendiri. Sehingga konten ANTV kini dapat dinikmati di berbagai platform media, kapan saja dan dimana saja.

Target utama yang dibidik tvOne adalah segmen pemirsa berusia 15 tahun keatas dengan Status Sosio Ekonomi (SES) menengah ke atas 1 (Upper Middle 1). Sejak didirikan sebagai stasiun berita dan olahraga, tvOne berhasil mempertahankan posisinya sebagai televisi dan olahraga #1 di Indonesia selama duabelas tahun berturut-turut. Program-program tvone sebagian besar terdiri dari berita, current affairs, talkshows, documenter, dan olahraga. tvOne mengudara selama 24 jam setiap harinya, dan terus konsisten memberitakan informasi yang terpercaya dan terkini. Peristiwa penting yang terjadi dirangkum dalam Breaking News telah menjadi referensi berita utama bagi pemirsa di seluruh tanah air. Selain ity, tvOne memiliki hak tayang eksklusif atas kejuaraan-kejuaraan One Pride dan One Prix, masing-masing merupakan pelopor di ajang olahraga bela diri dan olahraga balap motor di Indonesia. Semua konten tvOne selain dapat dinikmati pemirsa melalui televisi FTA juga dapat diakses melalui media digital termasuk online streaming pada aplikasi mobile dan media social.

Sejak 2008, VIVA terus mengembangkan usaha digitalnya, dan bisnis ini ditempatkan di bawah PT. Viva Media Baru (VMB) dengan brand VDVC. VDVC bertujuan untuk mendorong pertumbuhan online melalui website publisher (viva.co.id, intipseleb.com, 100kpj.com, sahijab.com) serta konten video dan komunitas (VDVC Seleb, VDVC Esports, VDVC Health, VDVC Religi, VDVC Talk, VDVC KPop) yang dibangun untuk menghubungkan dengan komunitas online dengan specific-interest.




Nama Anggota Kelompok :

Dinda Amanda Chairty - 223516446576

Fajar Maulana Ichsan - 193516416660

Radhinal Muchtar - 223516426685

Andika Saputra - 193516416634

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelang Tahun Baru Harga Cabai di Pasar Minggu Melonjak

  (28/12/2023) Menjelang akhir tahun 2022 sejumlah harga pokok di Pasar Minggu Jakarta selatan melambung naik, kenaikan harga pokok kemungkinan akan terjadi setiap hari dan cukup berpengaruh terhadap jumlah transaksi pembeli. Terdapat   kurang lebih 50 persen penurunan daya beli masyarakat akibat harga pokok yang melonjak. Berdasarkan informasi dari pedagang sembako Sri(35) , ada banyak bahan pokok yang mengalami kenaikan di antaranya cabe,bawang, kentang dan minyak curah . Harga cabe rawit sendiri mengalami kenaikan yang signifikan, sekitar 40 persen dalam pekan ini. Harga cabe rawit merah yang sebelumnya dijual seharga   Rp35.000/kg namun sekarang sudah naik menjadi Rp50.000/kg.   Di perkirakan kenaikan harga sudah terjadi sejak memasuki bulan Desember 2022.  Kemudian, untuk beras dari harga sebelumnya pada angka Rp9.600/kg sekarang naik menjadi Rp12.000/kg.  “Kalau bawang merah biasanya saya jual Rp28.000/kg sekarang saya jual Rp33.000/kg” ujar...

Masyarakat Pondok Bambu Bisa Hasilkan Uang Dari Sampah

  Jakarta - Pengelolaan sampah saat ini menjadi tren bagi masyarakat. Khususnya bagi warga Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Hal ini dilakukan warga Pondok Bambu agar dampaknya memberikan kenyamanan dan kebersihan lingkungan. Warga Pondok Bambu membuat “Bank Sampah” agar membuat lingkungan nya tidak tercemar. Bank sampah bertujuan untuk mengembangkan masyarakat dalam pengelolaan sampah yang ramah lingkungan. Kemudian membantu untuk pemilihan sampah sesuai kategorinya dan masyarakat dapat memanfaatkan sampah-sampah yang masih layak pakai untuk di daur ulang, memberikan nilai ekonomis jika dikelola dengan baik melalui bank sampah tersebut. Pengelolaan bank sampah ini sistemnya sama dengan bank penyimpanan uang pada umumnya, masyarakat atau nasabah yang ingin menukarkan sampahnya dapat langsung menyetorkan ke tempat bank sampah yang terletak di Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, setelah menyetorkan sampah maka petugas bank sam...

Menjelang Natal dan Tahun Baru Kebutuhan Pokok Melonjak Drastis, Pedagang Meringis

  Menjelang Natal dan Tahun Baru Kebutuhan Pokok Melonjak Drastis, Pedagang Meringis Jakarta – Harga kebutuhan pokok semakin meningkat, khususnya kebutuhan bumbu dapur, hingga harga cabai. Cabai merupakan bumbu dapur yang sering digunakan untuk semua jenis makanan. Kondisi ini terpantau di Pasar Minggu Jakarta Selatan. Kenaikan sembako ini selalu dirasakan setiap tahun. Namun, karena cabai sering digunakan untuk semua jenis makanan, pembeli dipasar masih cukup stabil, tidak naik dan tidak turun juga. Pembeli masih cukup bervariasi, ada yang beli kiloan ada juga pembeli ketengan. Biasanya setiap tanggal 20 Desember pembeli akan melonjak, karena tanggal tersebut sudah mendekati untuk persiapan natal dan akhir tahun. Kenaikan harga tersebut membuat pedagang tercekik, mereka tidak bisa mengambil untung yang lebih banyak atau untung yang seperti biasanya sebelum adanya kenaikan harga, karena jika mereka mengamb...