Langsung ke konten utama

KONVERGENSI MEDIA ( TVRI )

 Media massa merupakan wadah bagi masyarakat memperoleh berbagai informasi dimulai dari, informasi sekedar untuk hiburan hingga perkembangan mengenai dunia. Jika dahulu kita memperoleh informasi masih melalui surat kabar, radio, TV, perangkat elektronik lain maupun cetak, ataupun muut kulut. Saat ini dengan adanya kemajuan teknologi kita bisa dengan mudah memperoleh informasi sebab adanya konvergensi media. Apa itu konvergensi media?

Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan ke dalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan. Singkatnya konvergensi media merupakan penggabungan media cetak, radio, televisi, internet, bersama dengan teknologi-teknologi portabel dan interaktifnya, melalui berbagai platform presentasi digital.

Media konvergensi memiliki kaitan dengan media teknologi hal ini terjadi karena media konvergensi merupakan penggabungan media sehingga dengan adanya pembaharuan dalam media teknologi maka media konvergensi pun juga berkembang. Media teknologi yang baru yaitu, jaringan komputer dan teknologi digital. Dalam penggabungan tersebut terciptalah media baru yang mana merupakan sebuah media yang sangat efisien serta banyak kemudahan saat mengaksesnya.

Dengan adanya konvergensi media juga menjadikan masyarakat dapat berinteraksi atau langsung memberikan tanggapan terhadap suatu persoalan yang sedang beredar.

Namun Pengaruh konvergensi media tentunya memberikan pengaruh positif dan negatif bagi industri dan masyarakat umum. Berikut adalah dampak positif yang mampu dihasilkan konvergensi media

• Meningkatkan akses informasi. Dengan adanya platform online, masyarakat kini lebih mudah untuk mengakses berita dan konten lainnya dengan jaringan internet. Hal ini sangat berguna bagi mereka yang sulit mendapat media cetak, saluran tv maupun radio karena terkendala letak geografis.

• Membuat pilihan yang beragam. Konvergensi media juga mendorong adanya media baru dan konten yang lebih beragam. Hal ini memberikan keleluasaan pengguna dalam mengakses informasi menggunakan platform yang mereka sukai.

• Penyampaian informasi yang lebih cepat dan real time.

• Meningkatkan peluang kerja dibidang teknologi informasi.

• Meningkatkan kemudahan akses konten dan informasi. Dengan adanya konvergensi media, masyarakat mampu mendapat lebih dari satu jenis konten dari satu media yang sama.

• Komunikasi interaktif. Dengan adanya konvergensi media, pengguna bisa semakin aktif memberikan komentar dan saran terhadap informasi dan konten yang diberikan.

Meski memiliki banyak kelebihan, konvergensi media juga memiliki beberapa dampak negatif, sebagai berikut:

• Penurunan industri media cetak. Dengan adanya media online yang aksesnya lebih mudah, media cetak seperti koran atau majalah mulai ditinggalkan pelanggannya.

• Kehilangan pekerjaan. Merujuk pada poin pertama, penurunan industri media cetak dapat berdampak pada hilangnya pekerjaan orang orang di media cetak.

• Ketergantungan pada teknologi digital. Adanya konvergensi media juga mengubah gaya hidup masyarakat menjadi semakin bergantung pada gadget. Mudahnya akses informasi berpeluang menjadikan pengguna semakin malas.

Salah satu media yang mengalami konvergensi media adalah TVRI. TVRI sendiri berdiri pada 24 Agustus 1962 (berdasarkan SK Menpen RI No.20/SK/VII/61) ditandai dengan siaran perdana Asian Games ke IV di Stadion Utama Gelanggang Olahraga Bung Karno.Tahun 2000 status TVRI berubah menjadi PERJAN (Perusahaan Jawatan) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2000 tentang Pendirian Perusahaan Jawatan Televisi Republik Indonesia tanggal 7 Juni 2000. kemudian Status TVRI berubah menjadi Perseroan Terbatas (PT) TVRI di bawah pengawasan Departemen Keuangan RI dan Kantor Menteri Negara BUMN.

TVRI sendiri memiliki beberapa saluran digital, diantaranya yang pertama TVRI World menayangkan program-program berbahasa inggris untuk pemirsa didalam dan di luar negeri dimana saluran ini hanya dapat disaksikan melalui siaran digital dan layanan streaming dan yang kedua TVRI Sport adalah sebuah saluran televisi publik nasional yang dimiliki oleh LPP Televisi Republik Indonesia; menayangkan program-program yang berkaitan dengan olahraga.

LPP TVRI Nasional mempunyai jangkauan siaran yang sangat luas meliputi Stasiun TVRI Nasional dan 30 stasiun daerah yang konten acaranya sangat beragam. Oleh sebab itu TVRI menerapkan konvergensi media untuk mempermudah penyebaran informasi di seluruh pelosok Indonesia. Hal ini bisa dilihat dengan dibuatnya website TVRI yaitu www.tvri.co,id dan juga aplikasi mobile phone “TVRI Klik” yang terintegrasi dengan sosial media.

Program-program di siaran TVRI beranekaragam mulai dari pendidikan,hiburan,budaya, olahraga dan juga informasi-informasi dari seluruh Indonesia. Diantara program yaitu belajar dari rumah,sahabat pelangi,gemar matematika,mari menggambar,di balik sang juara , kick off,otomotif dan masih banyak lagi. Semua program-program tersebut juga bisa disaksikan secara streaming di http://klik.tvri.go.id/, tentu hal ini sangat memudahkan para pemirsa untuk menyaksikan dimana pun kapan pun. Konvergensi media tentu memudahkan masyarakat dalam menjangkau informasi yang lebih luas dan mudah.


Di buat oleh : 

1. Lulu Astrid Alawiyah 

2, Soppa Ranti 

3. Retno Dewi Puspitosari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelang Tahun Baru Harga Cabai di Pasar Minggu Melonjak

  (28/12/2023) Menjelang akhir tahun 2022 sejumlah harga pokok di Pasar Minggu Jakarta selatan melambung naik, kenaikan harga pokok kemungkinan akan terjadi setiap hari dan cukup berpengaruh terhadap jumlah transaksi pembeli. Terdapat   kurang lebih 50 persen penurunan daya beli masyarakat akibat harga pokok yang melonjak. Berdasarkan informasi dari pedagang sembako Sri(35) , ada banyak bahan pokok yang mengalami kenaikan di antaranya cabe,bawang, kentang dan minyak curah . Harga cabe rawit sendiri mengalami kenaikan yang signifikan, sekitar 40 persen dalam pekan ini. Harga cabe rawit merah yang sebelumnya dijual seharga   Rp35.000/kg namun sekarang sudah naik menjadi Rp50.000/kg.   Di perkirakan kenaikan harga sudah terjadi sejak memasuki bulan Desember 2022.  Kemudian, untuk beras dari harga sebelumnya pada angka Rp9.600/kg sekarang naik menjadi Rp12.000/kg.  “Kalau bawang merah biasanya saya jual Rp28.000/kg sekarang saya jual Rp33.000/kg” ujar...

Masyarakat Pondok Bambu Bisa Hasilkan Uang Dari Sampah

  Jakarta - Pengelolaan sampah saat ini menjadi tren bagi masyarakat. Khususnya bagi warga Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Hal ini dilakukan warga Pondok Bambu agar dampaknya memberikan kenyamanan dan kebersihan lingkungan. Warga Pondok Bambu membuat “Bank Sampah” agar membuat lingkungan nya tidak tercemar. Bank sampah bertujuan untuk mengembangkan masyarakat dalam pengelolaan sampah yang ramah lingkungan. Kemudian membantu untuk pemilihan sampah sesuai kategorinya dan masyarakat dapat memanfaatkan sampah-sampah yang masih layak pakai untuk di daur ulang, memberikan nilai ekonomis jika dikelola dengan baik melalui bank sampah tersebut. Pengelolaan bank sampah ini sistemnya sama dengan bank penyimpanan uang pada umumnya, masyarakat atau nasabah yang ingin menukarkan sampahnya dapat langsung menyetorkan ke tempat bank sampah yang terletak di Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, setelah menyetorkan sampah maka petugas bank sam...

Menjelang Natal dan Tahun Baru Kebutuhan Pokok Melonjak Drastis, Pedagang Meringis

  Menjelang Natal dan Tahun Baru Kebutuhan Pokok Melonjak Drastis, Pedagang Meringis Jakarta – Harga kebutuhan pokok semakin meningkat, khususnya kebutuhan bumbu dapur, hingga harga cabai. Cabai merupakan bumbu dapur yang sering digunakan untuk semua jenis makanan. Kondisi ini terpantau di Pasar Minggu Jakarta Selatan. Kenaikan sembako ini selalu dirasakan setiap tahun. Namun, karena cabai sering digunakan untuk semua jenis makanan, pembeli dipasar masih cukup stabil, tidak naik dan tidak turun juga. Pembeli masih cukup bervariasi, ada yang beli kiloan ada juga pembeli ketengan. Biasanya setiap tanggal 20 Desember pembeli akan melonjak, karena tanggal tersebut sudah mendekati untuk persiapan natal dan akhir tahun. Kenaikan harga tersebut membuat pedagang tercekik, mereka tidak bisa mengambil untung yang lebih banyak atau untung yang seperti biasanya sebelum adanya kenaikan harga, karena jika mereka mengamb...